Belajar Pascal dengan Mudah

    Belajar dan Memahami Pascal Dengan Mudah

Didalam tulisan ini saya memberikan cara mudah anda dalam belajar bahasa pemrograman Turbo Pascal, dan disertai gambar-gambarnya agar anda paham. Tulisan ini cocok bagi yang baru mau belajar bahasa pemrograman langsung aja ni pada materinya.

Program komputer pada dasarnya adalah proses merancang dan membuat urutan instruksi untuk menyelesaikan  suatu masalah yang diimplementasikan kedalam komputer. karena yang menjalnkan intruksi itu adalah komputer maka intruksi  harus dinyatakan  dalam  bahasa yang “dimengerti” oleh  komputer yaitu bahasa mesin (assembly language) atau dikenal juga dengan  bahasa  pemrograman  tingkat  rendah.  Bahasa mesin ini menggunakan simbol 0 (on) dan i (of) untuk dalam mendefinisikan intruksinya.

Menerjemahkan  intruksi  kedalam  simbol 0 dan 1 merupakan  pekerjaan  yang  rumit. itu sebabnya manusia merancang  sistem  pemberian  intruksi  dengan  cara  yang  lebih  mudah  digunakan,  yang  dikenal dengan bahasa  pemrograman  tingkat  tinggi.  Ada  banyak  bahasa  pemrograman  yang  telah  dibuat, namun tidak semuanya bertahan dan digunakan secara luas. Sekurangnya ada dua keuntungan pemberian  intruksi  dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi ini. 
ü  Pertama,  manusia  lebih  mudah  dalam  pemberian  intruksi karena bahasa  ini  relatif  dekat  dengan  bahasa  manusia. 
ü  Yang  kedua,  sebagai alat penerjemah intruksi manusia kedalam bahasa mesin.

Ada  dua  tipe  bahasa  pemrograman  penerjemah ini : interpreter  dan  compailer. Interpreter  adalah  mesin penerjemah yang bekerja dengan menerjemahkan dan mengeksekusi perintahnya satu demi satu. Contohnya bahasa pemrograman Basic.
Compailer  adalah  mesin  penerjemah  yang  semua  perintahnya  diterjemahkan dulu sebelum di eksekusi. Contohnya, bahasa Pascal, Fotran, C, C++, Cobol, Java, dll.

1.      Langkah-langkah membuat program 

Agar   anda   dapat   menghasilkan   program  dengan  tepat,  cepat,   dan efisien  anda  perlu merencanakan langkah – langkah  dalam membuat program. Tentu saja tidak ada keharusan mengerjakan petunjuk dibawah ini, tetapi bagi pemula langkah-langkah dibawah ini akan sangat membantu bukan  saja  menguasai  bahasa pemrograman tetapi juga terampil dalam menyelesaikan persoalan – persoalan yang sukar.
Berikut Langkah-langkah dalam membuat program.

a.  Pahami masalahnya
Banyak orang yang menyepelekan persoalan ini. Teman-teman saya yang mengambil mata kuliah pemrograman,  banyak  teman  saya  yang  begitu  diberi soal langsung saja mengetikannya di komputer sebelum memahami betul maksud soalnya. Memahami masalah artinya mengerti apa yang hendak dicari, masukan yang dibutuhkan, keluarannya bagaimana, seperti apa tampilan yang diinginkan. Ketidak pahaman  terhadap masalah cenderung membuat kita mengetik tanpa arah sehingga kerja menjadi tidak efisien.

b.  Merancang Algoritmanya
Layaknya sebuah karangan, algoritma adalah kerangka berpikir kita dalam membuat program. Untuk program-program sederhana algoritma mungkin tidak terlalu penting, tetapi untuk perkara kompleks algoritma akan sangat membantu dan membimbing kita menghasilkan program yang efisien. Bagi mereka yang hendak mendalami dunia pemrograman, memahami algoritma merupakan suatu hal yang penting.

c.  Menulis program
Bila algoritma telah tersedia, penulisan kode program biasanya menjadilebih mudah. Untuk bisa menulis program dibutuhkan pengetahuan terhadap bahasa pemrograman. TIdak seperti algoritma yang fleksibel dalam penulisan  perintah-perintahnya, perintah dalam program komputerharus ditlis dengan  ketelitian 100%, artinya kesalahan sedikit saja, misalnya kesalahan titik koma sudah cukum membuat program tidak bisa dijalankan.

d.  Menguji program
Seringkali para pemrogram pemula menyangka bahwa pada setiap kali program berhasil di eksekusi berarti persoalan selesai. Mereka sering mengabaikan dan mengecek apakah keluaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Setiap kaliprogram selesai ditulis, pemrogram harus memastikan bahwa keluaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan yang seharusnya.

2.      Mengenal Turbo Pascal For Windows 
Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan umum. Bahasa ini diciptakan oleh prof. Niclaus Wirth dari Technical University Zurich, Swiss. Namun Pascal sendiri diambil dari nama matematikawan dan filsuf tekenal abad ke-17 dari Prancis, Blaise Pascal. Prof Niclaus menggunakan bahasa ini pertama kalinya pada komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) pada tahun 1971.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiflhJQalLayMVlJUAsiZ_waPi0xibq7fmqKaVok2Qy2DRG1VaoS0o2dY1Q9ZS7qYkfdSaF4nnd5834RsSXihkdGY_-G7Mslb3Ru0pe0ULOtypgGar2eepNU47lqCQWwn6bb1CeVGxwtuA/s400/Slide6.PNG
                     Jendela Editor Turbo Pascal for Windows
3.      Struktur Pemrograman Pascal

·         Nama program
Penulisan nama program bersifat opsional artinya boleh ditulis, boleh juga tidak. Format penulisan : Program NamaProgram;

·         Deklarasi
Merupakan bagian untuk mendefinisikan pengenal yang akan digunakan didalam program. Pengenal ini dapat berupa unit, variabel konstanta, procedure, fungsi, array, record, pointer, label.

·         Badan program
Merupakan bagian untuk menulis langkah-langkah pemecahan masalah. Setiap penulisan perintah selalu dimulai dengan kata begin dan diakhiri dengan kata end. (diakhiri dengan titik). Berikut ini adalah bentuk umum struktur penulisan program dalamTurbo PascalProgram NamaProgram; Deklarasi (variabel, konstanta, fungsi, prosedur, dll)Begin Perintah1 Perintah2 ……..dst End.

4.      Contoh Program Sederhana 
Program 2.1 ketikan program seperti dibawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhI59PtfNKbSz5sDb9rjNbgiQV-JbriX16wB98RUUp3Xe_ZdtdR9dGBHxN88vsAT8t0OPmfynkLZJm-m1Znzfi19YO3__WJJ5VttkKwW2n103sTdbdlokEvj0vo6ZvSN6jEG5kKsTZPA4U/s320/Slide5.PNG

Kemudian lakukan proses kompilasi dengan mengklik menu compile=>compile atau tekan alt+F-9. Kompilasi adalah proses penerjemah bahasa Pascal kedalam bahasa mesin sehingga “dimengerti” oleh komputer. jika kompilasi sukses, kelik menu Run=>Run atau ctrl+F-9. Jika yang muncul adalah pesan kesalahan (tercetak dibagian bawah jendela), cek lagi program tersebut, lalu ulangi proses diatas. Ingat kesalahan kecil saja, misalnya terlupa titik atau kesalahaan ejaan, sudah cukup membuat program tidak jalan. Jika yang ditulis benar semua maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhojaANxX8ZWKZR1Fy2HuXckKFWwdRV8YUogqzW2KpqK6cMUHPepyui8MP8L1EFiE17z0_MCqbO4N767dL0TbHBn09Js82pSLTORVJqG74E2TAgZmjpqk2Et_k4GzSYBXF_zUysQ7QbBSU/s400/Slide4.PNG
Program 2.2 ketikan program seperti di bawah ini:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7lQshubmP_L4iS2GPJ0rLUIziS3WFuV5kp57ZD8hKlbcTd6XfEAhZ-CrOm4orMsgwER8DXD9U6vmas2w-acwmFngYZuwFx1gRgvk4rXnBTLU_R_R8zMKfjfkdLc1BwXbYwIjn-CRV7XE/s400/Slide3.PNG

Kemudian lakukan proses kompilasi dengan mengklik menu compile=>compile atau tekan alt+F-9 jika kompilasi sukses, kelik menu Run=>Run atau ctrl+F-9. Jika yang muncul adalah pesan kesalahan (tercetak dibagian bawah jendela), cek lagi program tersebut, lalu ulangi proses diatas. Ingat kesalahan kecil saja, misalnya terlupa titik atau kesalahaan ejaan, sudah cukup membuat program tidak jalan. Jika yang ditulis benar semua maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYq9Os97EIlkDISOoY5o2lTIfdCVbYXWqnLDrAmvbl2jnEHoHPdnpZVnIBRbBWjTYZA02MG9r0CDFel7Qbi6dmxQfre4NBNpxn3Twu4g1HUzonF-PuOiwHXHBF3sfUrds8HhTQjNWQvYM/s400/Slide2.PNG
Masukan bilangan ke-1, misalnya saya masukan bilangan 5 terus enter, dan masukan lagi bilangan ke-2 terus enter, maka tampilannya akan seperti dibawah ini


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvlvmPzAgdmwvdNkgLAEX9Rrb4CDYVVwnbTdc8YuhHvMeCAEJtqKiwyvcZW-KUNM5impd3U7rUrn_RmQNqRUx69fOWEOi3RnJ_RWrlAw_gX7-eVJ96Ynf3W2sktOnzyTf7A4bfX9n1F2w/s400/Slide1.PNG


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Perkembangan Mikroprosesor dari Awal Sampai Sekarang

Cara Menginstal Ulang Windosws 7